Thursday, November 12, 2009

Software Sekuriti: Malwarebytes Anti-Malware 1.39


Ada berbagai ancaman yang bisa menyerang PC, mulai dari virus, worm, trojan, rootkit, dialer, spyware, hingga malware. Yang memprihatinkan, semua ancaman tersebut semakin lama semakin canggih tekniknya sehingga sulit terdeteksi dan disingkirkan.
Nah, aplikasi Malwarebytes Anti Malware ini dirancang khusus untuk mendeteksi dan menyingkirkan berbagai macam malware. Malwarebytes mengklaim, software ini bisa menangkap software nakal meskipun software nakal tersebut tidak terdeteksi anti virus atau aplikasi sekuriti lainnya.
Malwarebytes bekerja dengan memonitor setiap proses dan mencegah eksekusi aplikasi yang dicurigai mengandung malware. Teknologi Realtime Protection-nya melakukan scanning secara heuristic untuk memonitor setiap proses guna menghindari “serangan” tiba-tiba. Sebagai pelengkapnya, Malware Anti Malware melengkapi dirinya dengan threat center yang secara otomatis akan memperbarui database aplikasi sehingga bisa mendeteksi malware terbaru.
Dari sisi performa, Malwarebytes Anti Malware ini cukup memuaskan. Proses pemeriksaan cepat yang dilakukannya hanya memakan waktu sekitar 8 menit saja. Meski demikian waktu scan yang singkat tersebut harus ditebus dengan penggunaan resource yang cukup tinggi saat proses berlangsung. Tapi tidak masalah, jalankan saja mode quick scan ini di saat Anda akan beranjak meninggalkan komputer sejenak. Jadi Anda tidak merasakan berat selama komputer di-scan.
Satu hal menarik, aplikasi ini tak hanya mendukung scanning pada folder lokal namun juga jaringan. Di setiap file, Anda akan menemukan menu konteks yang memungkinkan Anda untuk melakukan scan satu file secara khusus tanpa memeriksa keseluruhan file dalam folder.
Dari sisi antar muka, Malware Anti Malware sangat simpel namun enak dilihat dan mudah digunakan. Tab yang terletak di bawah logo berisi sekumpulan opsi sederhana. Proses instalasinya sendiri tergolong cepat dan cukup peduli pengguna, karena secara otomatis akan meng-update file definisi ke versi terbaru melalui jalur Internet.
Bagi yang masih menggunakan Malwarebytes versi gratis, ada beberapa kelemahan dalam program. Proteksi realtime, scan terjadwal, dan update terjadwal dinonaktifkan. Anda harus meng-upgrade ke versi penuh yang berbayar untuk mengaktifkan tiga fasilitas tersebut. (Steven Andy Pascal - Kontributor)

Plus
- Proses scan cepat
- Proteksi realtime
- Tidak bentrok bila dijalankan bersama anti malware keluaran vendor lain
- Ada versi gratis

Minus
- Memakan resource hardware
- Fitur proteksi realtime berbayar

Malwarebytes Anti-Malware 1.39

Ukuran File : 3,6 MB

Situs download : www.malwarebytes.org/mbam-download.php
Jenis : Freeware/Trial
Pengembang : Malwarebytes
Sistem operasi : Windows 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows XP, Windows 2000

0 comments:

Post a Comment

Hei Guys