Sunday, March 8, 2009

Trik Convert Suara Kaset Audio ke Komputer

Trik :

* Koneksikan kabel putih dan merah RCA (line-out) ke output line-out jack di pemutar kaset atau stereo receiver, atau koneksikan salah satu ujung kabel stereo double 3.5mm ke dalam headphone output dari tape audio.
* Koneksikan ujung kabel tersebut ke line-in sound card computer. Kabel 3.5mm stereo tersebut hanya dimasukkan ke dalam line-in seperti earphone di Walkman atau iPod.
* Nyalakan computer dan tape pemutar kaset
* Buka software perekam suara yang Anda gunakan, bisa Sound Recorder bawaan Microsoft, atau Audacity yang ada di Linux dan Mac, atau yang lainnya.
* Jika Anda menggunakan Microsoft Sound Recorder, click “Start - Programs - scroll dan click ke “Accessories – scroll dan click di Entertainment – pilih Sound Recorder”.
* Pilih tombol rekam di software Sound Recorder, ditandai dengan titik merah. Mulai merekam sebelum Anda menekan “Play“ di tape pemutar kaset.
* Tekan “Play“ di deck pemutar kaset, dan komputer akan segera merekam audio yang keluar dari kaset.
* Click “Stop“ ketika sudah selesai.
* Simpan file audio dengan meng-click “File – Save” dalam bentuk format audio WAV.

Tips :

* Mulai merekam dengan volume sangat rendah di pemutar kaset atau stereo, sehingga sirkuit inputan di computer tidak mudah rusak karena inputan level yang tinggi.
* File WAV memiliki ukuran file 10 kali lipat lebih besar dibandingkan MP3 sehingga pastikan Anda memiliki space harddisk atau penyimpanan lainnya yang mencukupi.
* MS Sound Recorder sendiri memiliki keterbatasan fungsi control dan proses recording seperti volume dan kecepatan, juga ketika akan melakukan editing file suara, baik mixing atau menambah track suara.
* Untuk memutar lagu dari tape audio langsung ke PC, Anda hanya perlu memasukkan kabel yang sama ke deck microphone atau line-in jack, dan ujung kabel satunya ke line-out computer atau speaker jack. Click “Record” di tape, lalu lagu akan dimainkan di computer, tentunya didukung dengan setting volume untuk kualitas yang bagus.

sumber:http://www.beritanet.com

0 comments:

Post a Comment

Hei Guys