Sunday, March 8, 2009

Trik Mengubah System FAT ke NTFS


Untuk system Microsoft Windows terdahulu, banyak computer yang masih menggunakan system FAT32. Namun, untuk sekarang lebih banyak yang sudah menggunakan system NTFS (New Technology File System). Untuk system NTFS, selama lokasi file tidak terpecah-pecah saat disimpan di harddisk, maka Anda tidak perlu melakukan defragmentasi sesering mungkin. Jika Anda memiliki system FAT dan ingin menggantinya menjadi NTFS, maka Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut.

* Cek terlebih dahulu apakah Anda sudah menggunakan NTFS di computer Anda atau belum. Pilih “My Computer”, click kanan dan pilih “Properties”. Lalu akan muncul jendela yang berisi “File system : FAT32” atau “File system: NTFS”.
* Sebelum mengubah ke NTFS, Anda sebaiknya menutup semua program yang sedang dijalankan. Pilih “Start->Run”.
* Ketik “cmd” (tanpa tanda petik). Lalu akan tertampil tulisan "C:WINDOWS" dengan cursor yang berkedip-kedip.
* Ketik “convert c: /fs:ntfs” (antara titik dua dan garis miring ada spasi). Jika system Anda tidak berada di harddisk drive “C:” maka Anda bisa menggantinya dengan drive yang sesuai.
* Tekan “Enter”, dan akan tampil pesan bahwa konversi ke NTFS akan segera dilakukan ketika computer di-restart. Restart computer Windows Anda.

sumber:http://www.beritanet.com

0 comments:

Post a Comment

Hei Guys