Sunday, March 8, 2009

Mengamankan File Microsoft Excel


Untuk memperbolehkan hanya user yang memiliki otorisasi guna melihat atau memodifikasi data, maka Anda dapat mengamankan file workbook Microsoft Excel 2003 Anda dengan password.

* Click “File”, click “Save As”.
* Di menu “Tools”, click “General Options”.
* Jika Anda ingin memasukkan password sebelum Anda akan melihat file workbook Excel Anda, maka Anda bisa memasukkan password ke box “Password to open”, kemudian click “OK”.
* Jika Anda ingin memasukkan password sebelum Anda akan menyimpan perubahan ke workbook, maka Anda dapat mengetikkan password di box “Password to modify”
* Tidak seperti password yang dimasukkan di box “Password to open”, password yang dimasukkan di box “Password to modify” tidak terenkripsi. Password tersebut dimaksudkan hanya untuk memberikan permission ke Anda untuk memodifikasi data workbook. Untuk optimalisasi keamanan password, yang terbaik adalah mengisi keduanya. Sebuah password yang terenkripsi digunakan untuk mengakses workbook, dan satunya lagi untuk menyediakan permission untuk memodifikasi content workbook.
* Anda dapat menggunakan password yan kuat dengan mengkombinasikan huruf besar dan kecil, angka dan symbol. Password yang lemah tidak menggunakan campuran elemen di atas. Anda dapat menggunakan password yang kuat, namun juga mudah diingat sehingga Anda tidak perlu menulisnya.
* Jika Anda ingin menggunakan tipe enkripsi yang berbeda, click “Advanced”, click tipe yang diinginkan dalam list “Choose an encryption type”, lalu click “OK”.
* Jika dibutuhkan, masukkan angka karakter yang diinginkan di box “Choose a key length”
* Click “OK”, masukkan kembali password untuk konfirmasi
* Click “Save”, click "Yes" untuk mengganti workbook yang ada.

Selain itu, untuk pilihan pengamanan lain, Anda juga dapat mengamankan workbook Excell Anda dengn password di tab Security, di box dialog “Options” dari menu “Tools”.


sumber:http://www.beritanet.com

1 comments:

  1. aku buat aplikasi untuk mengetahui informasi mengenai file excel, termasuk untuk memberi password, extract gambar dalam 1 file sekaligus dan lain-lain
    kalau mau coba silahkan download di https://drive.google.com/open?id=0B9WdqsxR1DPEOHhMTDhnUDVseW8

    ReplyDelete

Hei Guys