Saturday, April 11, 2009

Tips dan Trik Atasi Error Normal.Dot dalam Microsoft Word

Jika mungkin Microsoft Word Anda mengalami keanehan seperti toolbar yang tiba-tiba hilang, atau file template normal.dot yang kemudian bermasalah, maka berikut merupakan tips untuk mengatasi masalah template ‘normal.dot’ Microsoft Word yang bermasalah :

* Click “Start – Run”, ketik “winword.exe /a”, lalu tekan Enter. Jika Word sudah bisa dijalankan tanpa memanggil global template dan normal.dot, maka berarti Word masih bisa berjalan normal. Namun, jika terjadi error atau masalah, maka lanjut ke nomor selanjutnya.
* Tutup aplikasi Microsoft Word.
* Click “Start – Search” untuk mencari file normal.dot. Anda bisa mencarinya di semua harddisk dan subfolder. Cukup ketik “normal.dot” di kotak search.
* File normal.dot bisa saja tertampil dalam folder yang tersembunyi (hidden) tergantung dari versi Microsoft Word komputer Anda.
* Jika Anda sudah menemukannya, Anda bisa mengganti nama file normal.dot tersebut.
* Buka kembali aplikasi Microsoft Word. Jika normal.dot sudah di-rename, dan Word kemudian bisa membuat format file baru dalam setting standard, maka hal ini berarti file normal.dot mengalami kerusakan.
* Jika Word masih mengalami masalah, maka kemungkinannya terletak pada global template. Untuk menyelidikinya, click “Folder Startup” Word di “C:\Documents and Settings\username\Application Data\Microsoft\Word\Startup”.
* Pindah kan semua isi dari folder ke tempat lain untuk sementara.Tutup aplikasi Microsoft Word.
* Lalu pindahkan lagi satu per satu file yang telah dipindahkan tadi, ke folder startup kembali.
* Jalankan kembali Microsoft Word. Cek jika masih ada error, dengan buka dan tutup kembali Microsoft Word.
* Lalu isi file yang berikutnya, dan cek error yang muncul dengan langkah di atas. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui file mana yang menyebabkan error, sehingga harus di-instal kembali.

Sumber: http://www.beritanet.com

0 comments:

Post a Comment

Hei Guys