Saturday, April 11, 2009

Tips dan Trik Memilih Digital Camcorder


Digital camcorder, sebuah alat yang mampu meng-capture image dengan kualitas tinggi dan mungkin bisa digunakan untuk sekedar hiburan. Adanya kombinasi dengan software di computer, dan Anda bisa mendapatkan moment favorit in-style bersama keluarga dan teman. Lalu tips apa saja yang mungkin bisa diperhatikan ketika akan membeli sebuah camcorder?

* Pilihlah format recording digital MiniDV, yakni format yang paling populer dan mudah menemukan cadangan MiniDV blank, atau Digital 8 atau MicroMV.
* Pilihlah model camcorder dengan LCD (Liquid-Crystal Display) screen dengan panjang diagona screen minimal 2.5 inch atau 6cm. Semakin besar dan terang layar, maka semakin mudah camera untuk focus ke object. Pilihlah yang tahan di kala hari yang terang, walaupun sekarang ini banyak camera camcorder yang memiliki viewfinder hitam dan putih di LCD.
* Lihatlah microphone yang ada di depan daripada yang ada di atas. Untuk kualitas suara terbaik, pilihlah sebuah jack untuk mic eksternal.
* Perhatikan optical zoom. Semakin tinggi optical zoom, maka akan semakin bagus kualitas camera yang Anda harapkan. Selain itu, adanya digital zoom juga akan mengurangi resolusi dari gambar yang direkam.
* Cobalah bagian kontrol dan menu on-screen, apakah nyaman ketika Anda menggunakannya.
* Cek kestabilan gambar dan pengoperasian cahaya di kegelapan.
* Amati berat camcorder. Semakin berat, maka semakin tidak nyaman Anda menggunakannya. Pilihlah yang kecil, ukuran Palm, dan tentunya dengan tag harga yang sesuai dengan dompet Anda.
* Pastikan camcorder yang Anda pilih memiliki sebuah FireWire (IEEE 1394) atau jack USB 2.0 jika Anda berencana untuk mengedit film atau gambarnya di computer.
* Pastikan Anda memiliki program editing untuk camcorder digital Anda, jika Anda ingin melakukan editing gambar, film ataupun video, seperti contoh iMovie yang ada di system Mac.

Sumber: http://www.beritanet.com

0 comments:

Post a Comment

Hei Guys